BATUK – Pengobatan Herbal Batuk Pada Anak-anak

Share This

Pengobatan Herbal Batuk Pada Anak-anak

Batuk pada anak-anak

Resep 1

Ambillah segenggam penuh daun saga beserta ranting-rantingnya, sebiji bawang merah gunung, tiga butir adas manis dan sepotong kecil kayu pulasari. Bubuhkanlah gula secukupnya, lalu bungkuslah dengan daun pisang, kemudian uapkanlah didalam dandang yang dipanaskan diatas perapian selama seperempat jam. Saringlah ramuan itu dengan kain, kemudian berikanlah ramuan itu kepada si sakit sebelum tidur.

Resep 2

Obat lain terutama dikhususkan bagi anak-anak, adalah sirop- yang dimasak dengan bunganya belimbing wuluh yang berwarna cokelat kemerah0merahan. Untuk ini ambillah segenggam penuh bunga belimbing wuluh itu, bw=eberapa butir buah adas manis dan gula secukupnya dan masaklah dengan air sebanyak segelas kecil. Buatlah ini menjadi poding dan biarkanlah beberapa ajam diatas perapian. Saringlah dengan kain, dan berikanlah pada waktu pagi sebelum makan dan pada petang hari sebelum tidur.

Resep 3 : Sarinya daun semanggi gunung juga merupakan obat yang mujarab bagi penyakit ini. Sekalian dapat mengelurkan dahaknya.

Resep 4 : Buahnya jati Belanda yang berwarna hitam dan sudah masak, dapat juga mengeluarkan dahak yang menyumbat kerongkongan.

Apabila anak-anak terserang sakit batuk, kebanyakan disebabkan karena udara yang dingin dan si sakit ingusan. Jika demikian, buatlah obat dari bahan-bahan sebagai berikut :

Resep :

• Kulit telur yang sudah dibuang selaputnya dijemur dipanas matahari kemudian ditumbuk sampai halus.

• Seperempat liter cuka anggur yang baik dicampur dengan buah anggur yang sudah dikeringkan sebanyak 2 sendok makan dan 3 biji buah aratup, kemudian jemurlah dipanas matahari selama 14 hari berturut-turut.

• Ambilah anggur ini sebanyak sesendok teh, kulit telur yang sudah ditumbuk halus itu sesendok teh pula, serta sesendok teh kuning telur yang sudah dikocok dan sesendok teh madu. Campurkanlah bahan ini menjadi satu, kemudian bagilah menjadi 2 bagian, dan berikanlah kepada si sakit 1 bagian, satu jam kemudian berikan pula yang satu bagian lainnya. (Apabila batuk itu kering).

Resep 5 : Obat yang paling baik untuk ini adalah minum teh daun patikan Cina.

Resep 6 :

Dua ons daun asam, dua ons daun saga, sepotong kayumanis Cina dan tiga kelas kecil air biasa dimasak menjadi satu hingga airnya tinggal 2 bagian. Berikanlah itu kepada si sakit apabila ia haus pada siang hari, dan hindarkanlah minum air biasa.

Resep 7 :

Ambillah lobak yang besar, untuk anak-anak cukup 5 buah, sedang untuk dewasa 8 buah. Pada petang hari lobak ini diparut, sedang gumpalan-gumpalannya di tumbuk, kemudian diembun-embunkan selama satu malam. Keesokkan harinya parutan lobak ini diperas dengan kain dan diberikan kepada si sakit untuk diminum sebelum makan Bekerjanya obat ini sangat cepat, namun bau dan rasanya agak kurang enak.

Resep 8 : Obat lain yang baik adalah perasan daun embun dicampur dengan kayumanis dan gula secukupnya. Ramuan ini diberikan kepada si sakit untuk diminum sebelum makan.

Resep 9 : Akar kencur ditumbuk sampai halus dan peras airnya, kemudian berikan kepada sisakit sesndok teh setiap hari. Sesudah dua hari akan nampak perubahannya. Dalam beberapa hal, obat ini dapat juga dipakai untuk menyembuhkan batuk rejan.

Resep 10 : Untuk menghilangkan rasa gatal di dalam tenggorokan, kemudian cenderung mengurangi batuknya, dapat kita pakai buah kapulaga dikunyah didalam mulut. Selain dapat menyembuhkan sakit batuk, bahan ini bisa juga mengharumkan bau mulut.

Resep 11 : Obat lain adalah segenggam penuh daun gagan dibubuhi gula secukupnya, kemudian direbus. Stelah didinginkan, berikanlah kepada si sakit untuk diminum.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *