PENGOBATAN HERBAL PADA LANSIA

Share This

 SEHAT DIHARI TUA DENGAN HERBALpengobatan herbal pada lansia

Menjadi makin tua hari demi hari adalah tidak terelakan. Mau tidak mau kita harus menerima kenyataan untuk menjadi makin tua, tua betul dan renta. Kita terpaksa harus mengalami penurunan fungsi organ. Kemampuan sek yang melemah harus diterima. Kemampuan belajar yang kompleks dan detil yang menurun, harus di’akut Badan yang terasa iebih berat dan persendian yang makin lamban harus diakui. Tenaga yang mulai menguap hilang harus disadari. Dan berbagai kelemahan fisik yang lain terpaksa harus dialami.

Kata-kata yang miring diatas : tidak terelakan, mat, tidak mau, harus menerima, harris diterima, harus diakui harus disadar, dan terpaksa harus dialami, menunjukan suatu sikap pasif dalam keterpaksaan. Padahal menjadi tua adalah bagian dan siklus hidup. Dimulai dan lahir, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, setengah baya, tua dan tua sekali, akhimya mati. Pada setiap segmen dan siklus hidup, saya dan anda pasti tahu bahwa; ada makna dan ada keindahannya. Mungkin kita berfikir bahwa menjadi tua mungkin ada makna, tetapi keindahannya jauh. Dimani letak makna dan keindahan pohon kering?

pengobatan herbal pada lansiaKeindahan tetap ada. Kita bisa berfikir bahwa keindahan masa tua terletak pada kebahagiaan atas kemajuan anak—cucu, pada penghormatan anak—anak dan rekan-rekan yang lebih muda, pada kekayaan yang memberi manfaat bagi keluarga besar. Syukur kalau semua itu ada, tetapi jika semua itu tidak ada maka keindahan itu masih tetap ada. Keindahan itu tedetak pada istirahat, bahwa sebagai orangtua memiliki hak dan kelonggaran untuk istirahat. Keindahan itu terletak pada rasa syukur, bahwa dia diberi umur yang panjang dan banyak berkat lain. Keindahan tenletak pada melihat, bahwa orang-orang muda (termasuk anak—cucu) berjuang untuk hidup, sesuatu yang sudah dilaluinya. Dan terakhir serta terpenting yaitu keindahan itu terletak pada makna.

Berkaitan dengan makna, Komaruddin Hidayat (Guru Besar FISIP UI) dalam Kompas 22 Oktober 2005 menyatakan bahwa; Mati adalah tujuan pasti dari hidup. Kematian itu seperti orang mudik,yang membutuhkan persiapan. Kalau orang sadar hal ini tidak mungkin korupsi karena (hiasilnya) tidak bisa dibawa mudik.Jadi makna utama dan masa tua adalah ‘persiapan’ untuk tujuan akhir yaitu mati. Memang konteks pembicaraan pak Komaruddin ini adalah kasus  kasus orang—orang tua yang korupsi, diantaranya seorang wanita tua mantan hakim tinggi yang dituduh terlibat penyuapan Ketua MA. Jadi kasusnya orang sudah tua menyuap orang yang sudah tua dalam proses mencari kekayaan, padahal seharusnya dalam proses persiapan akhir untuk mudik. Persiapan mudik ini seharusnya dipadati oleh rasa syukur atas apa yang ada dan yang sudah dialami, keikhlasan atas segala penderitaan yang sudah pernah ditanggung, pengampunan kepada semua orang yang pernah bersalah padanya dan mendekatkan diri pada Allah dengan membersihkan hati dan pikiran serta ibadah.

Tetapi , jika dalam masa tua ini tubuh sakit—sakitan, bagaimana?

Itulah masalahnya, organ—organ tubuh sudah menurun, badan sudah lemah, obat-obat sudah sulit ditenima karena metabolisme sudah menurun. Bagaimana kita memelmharanya ? Seorang supir yang kendaraannya sudah tua memang perlu hati—hati, waspada dan tenggang rasa dengan kendaraan. Kita adalah supir atas tubuh kita.Jika tubuh kita sudah tua maka kita penlu berhati—hati, waspada dan tenggang-rasa dengan tubuh kita. Obat herbal memberikan dukungan dan solusi yang penting dalam kasus inl karena sifatnya yang konstruktif dan hampir tanpa efek samping.

Edisi Herba kali ini mengangkat topik utama Pengobatan Herbal pada Lansia, membahas kondisi fisik lansia, cara pengobatan herbal yang tepat dan Kesaksian Lansia Sehat dengan Herbal serta banyak banyak topik lain yang menarik.

Selamat menyimak

“Proses menjadi tua harus dilalui oleh setiap orang. Kita tidak dapat men ghentikan atau memundurkan jarum jam agar proses itu tidak berhasil. Sejak lama man usia mencari “obat” yang memperlambat proses penuaan dan memperpanjang  umur. Tetapi apa artinya  berumur panjang den gan kondisi  tidak sehat, tentunya sangat tidak  menyenangkan. Untuk itu kita  harus berupaya tetap sehat walau  usia semakin menua”

pengobatan herbal pada lansiaProses penuaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kerusakan molekul, kecepatan kerusakan sel yang melampaui kemampuan tubuh untuk memperbaikinya sehingga dapat mengganggu fungsi tubuh oleh karena itu Pengobatan Herbal pada Lansia sangat penting dan bermanfaat. Proses ini dipicu oleh laju peningkatan reaksi radikal bebas dan penurunan kemampuan sistem pertahanan tubuh. Di dalam tubuh manusia radikal bebas adalah produk samping yang dihasilkan secara  alami dalam proses pencernaan, pernapasan, dan pemakaian energi. Sebagian besardari radikal bebas itu tidak berbahaya selama tubuh tetap dalam proses kegiatannya. Tetapi apabila ju mlah penumpu kan kerusakan akibat radikal bebas semakin meningkat maka semakin sulit untuk diperbaiki. Radikal bebas dapat menyerang protein di lensa mata yang menyebabkan kekaburan lensa mata dan akhirnya timbul katarak. Merekajuga dapat mengoksidasi apa yang dinamakan “kolesterol jahat” di dalam arteri, sehingga menjadi plak yang menempel di dinding pembuluh darah dan selanjutnya menghentikan aliran darah yang menyebabkan stroke atau seranganjantung.

Radikal bebas juga dapat merusak dinding sel, menyerang kromosom dan DNA, menyebabkan kanker dan membunuh sel—sel tubuh anda. Penyakit—penyakft degeneratif lain yang dapat timbul adalah, rematik, diabetes mellitus dan sebagainya. Tanda—tanda proses menua biasanya mulai tampak pada usia 30 tahun dan pada usia 60 tahun ke atas. Seorang mulai mengalami masalah dalam kehidupannya terutama masalah kesehatan dan keterbatasan aktivitas fisik.

Perubahan fisik pada lansia

Saat seseorang memasuki usia lanjut maka dalam tubuhnya terjadi proses kemunduran fisik. Kecepatan perubahan pada tiap individu berbeda-beda tergantung dan kondisi seseorang, misalnya keturunan, pola hidup dan penyakit yang pernah diderita dan sebagainya. Perubahan fisik seseorang yang mulai masuk kelompok lanjut usia dapat dilihat berdasarkan perubahan berikut:

  1. Perubahan warna ram but, dan hitam menjadi putih serta rambut mulai rontok.
  2. Gigi mulai tanggal dan tidak ada penggantian gigi secara alami.
  3. Kemampuan penglihatan mulai berkurang, terutama kemampuan penglihatan jarak dekat sehingga mereka perlu bantuan kacamata untuk membaca.
  4. Sikap berdiri kurang tegap.
  5. Kulit mulai berkeriput pada lansia.

Penyakit yang sering terjadi pada lansia

Proses menua terjadi pada seluruh organ tubuh, termasuk metabolismenya. Contohnya penurunan fungsi sistem pencernaan dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Dengan adanya gangguan pencernaan, metabolisme dalam tubuh yang lain akan mengalami gangguan pula yang mengakibatkan penurunan pada sistem pertahanan tubuh. Akibatnya lansia Iebih rentan terhadap penyakit termasuk di dalamnya penyakitdegeneratif. Beberapa penyakityang sering dikeluhkan oleh para lansia adalah rematik, penglihatan kurang jelas, hipertensi, diabetes mellitus, pengeroposan tulang (osteoporosis), penyakit prostat dan sebagainya. Khusus pada lansia wanita terdapat gangguan akibat menopause (berhentinya masa haid), yang dapat mempengaruhi kesehatan akibat berkurangnya hormon estrogen.

Sehat dan bahagia menjadi lansia

 Tentunya kita semua tidak dapat menolak proses penuaan pada tubuh kita, tetapi kita dapat mengupayakan bagaimana menjadi tuadengan sehatdan bahagia. Upaya yang dapat kita lakukan harus sedini mungkin antara lain:

  1. Teruskan meningkatkan ketaqwaan pada Tuhan YMEPengobatan Herbal pada Lansia
  2. Makan makanan yang sehat dan seim bang
  3. Berolah raga secara teratur
  4. Buang stres dalam kehidupan anda
  5. Selalu berpikir positif
  6. Upayakan berat badan tidak berlebih
  7. Melakukan cek kesehatan
  8. Jika terlanjur mengidap penyakit tertentu, konsultasikan dan kontrol penyakit pada ahlinya secara teratur.
  9. Selain menggunakan obat-obatan medis konvensional, anda dapat memanfaatkan tanaman obat untuk menjaga kesehatan anda para lansia.

 

Artikel Kesehatan Terkait

TANAMAN OBAT HERBAL LANSIA Tanaman Obat Herbal Lansia Yang Dianjurkan    Jenis Tanaman Dan Efek Farmakologi Pegagan ( Cèntella asiatica (L) Urban) : Revitalisasi tub...
Obat Alami Batuk Berdahak Obat Alami Batuk Berdahak Dan Menyehatkan batuk berdahak Obat Alami Batuk Berdahak - Anda pernah mengalami batuk berdahak amatlah mengganggu karena...
Obat Herbal Penghilang Jerawat Jerawat dan Gatal Kulit Tari Puspitek - Serpong Tangerang Bu dokter obat herbal penghilang jerawat apa yang cocok, saya sangat tersiksa dengan ad...
Ramuan Herbal Kesuburan RAMUAN HERBAL KESUBURAN  DAN MIOM Mayasari - Kuningan Kepada Yth Perkenalkan saya wanita berasal dari kota Kuningan jawa Barat. Beberapa waktu sila...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *