BISUL – Pengobatan Sakit Bisul Dengan Herbal Pilihan

Share This
Mengobati Penyakit Bisul

Mengobati Penyakit Bisul

Mereka yang sering menderita sakit bisul dan kudis lainnya, harus selau minum air rebusan daun gelang. Anak-anak yang sering menderita penyakit itu, boleh diberi buah lobi-lobi untuk dimakan. Selain itu para pendeita sakit bisul dan sejenisnya, dapat pula membiasakan minum rebusan daun urat. Caranya ialah, cabutlah tumbuhan-tumbuhan itu beserta akarnya sekali, lalu rebuslah dengan air biasa sebanyak 2 gelas kecil, dan biaekan mendidih hingga airnya tinggal separo.

Kecuali itu, beberapa genggam penuh pohon gagan beserta akarnya direbus dengan air biasa sebanyak 2 gelas botol limun, dan biarkan airnya mendidih hingga tinggal separo, dapat juga dipakai untuk menyembuhakan penyakit bisul. Caranya ialah diminum setiap kali sesudah makan dan apabila haus atau disela –sela waktu itu.

Pada umumnya, penyakit bisul adalah penyakit di dalam darah. Oleh karenanya kita harus membiasakan diri untuk minum obat yang terdri dari :

  • sepotong asam kawak sebesar telur burung merpati, gula Jawa secukupnya dan empat atau lima potong tipis-tipis temulawak, dimasak dengan air biasa sebanyak 1 gelas anggur, hingga airnya tinggal separo. Air rebusan ini lalu disaring dan diminum dalam beberapa hari berturut-turut.
  • Selain menggunakan obat dalam seperti disebut diatas penderita dapat pula menggunakan obat luar semacam bedak yang dibuat dri kulitnya asam. Cara membuatnya ialah, mula-mula kulit asam dicuci bersih, dabila dipandang perlu dicuci pula dengan sublimat, lalu dikeringkan, kemudian ditumbuk sampai halus.
  • Untuk mematangkan atau melemaskan bisul itu, kita dapat mengolesinya dengan bunga         pulutan yang telah dilembutkan.
  • Untuk mematangkan atau melemaskannya, dapat pula kita pakai nasi yang hangat.
  • Umbinya bawang brobos yang dilembutkan, dapat juga dipakai untuk mematangkan atau          melemaskan bisul tersebut.
  • Obat lain yang dapat dipakai untuk mematangkan atau melemaskan bisul ialah bunga pukul empat yang dilembutkan.

Mereka yang sering mendapat gangguan bisul jenis lain yang dalam bahasa Belanda disebut “uitslag,” harus menggunakan obat yang dibuat dari lempuyang gajah. Cara membuatnya sebagai berikut : Umbinya tumbuh-tumbuhan itu kira-kira sebesar jari diparut lalu dicampur dengan air biasa sebanyak segelas kecil, lalu diperas, kemudian dibiarkan demikian hingga semalam penuh, supaya tepungnya mengendap. Keeskokan harinya berikanlah bagian air jernih itu kepada penderita untuk diminum.

Obat luar (salap) untuk bisul dan luka-luka lainnya adalah ramuan yang dibuat dari bahan – bahan sebagai berikut :

  • Empu kunci sebesar jari, sebiji bawang yang kecil, dua potong pulasari, sebelas butir adas, dringo sebesar jari, tiga potong kayumasnis, dua sendok bidara lau yang sudah diparut dan dua sendok kecil garam. Semuanya ditumbuk halus, kemudian digoreng dengan minyak selasa satu mangkuk kecil. Ramuan ini dicampur pula dengan getah akarnya pohon kemari sebanyak 2 sendok kecil kemudian disaring dengan kain. Setelah dingin dpat dipakai untuk mengolesi bisul dan luka-luka.

Jenis – Jenis Bisul

Ada pula sejenis bisul bernanah yang harus diobati dengan ajar pohon kunyit yang dilembutkan kemudian dicampur dengan daun pohon asam, dioleskan pada bagian yang sakit.

Bisul di dalam mulut

– Untuk ini dapat menggunakan buah temapayn dicampur dengan kayumanis.
– Obat kumurnya air sari akar batang pohon randu alas.

Bisul di kepala

– Obat cuci terbaik untuk penyakit ini aalah air larutan empu kunir dan daun asam.
– Ada pula bisuk jenis lain yang biasa menghinggapi anak-anak yang cenderung diserang penyakit kulit. Untuk penyakit ini dapat diolesi dengan lemak buah nagasari yang diperoleh dengan cara mengupas kulitnya , kemudian keluar dari dalamnya semacam minyak meleleh di tangan. Untuk sekali pakai dapat kita ambil 5 atau 6 biju buah itu. Lemak ini dapat juga dipakai untuk mengobati penyakit ruam dan bisul-bisul jenis lain.
– Cucilah bisul itu dengan air sarinya daun sidaguri.
– Ada pula bisul kecil-kecul dikepala berbentuk lingkaran yang di pulau Jawa disebut kadas dapat disembuhkan dengan lemaknya buah nagasari.

Bisul di kerongkongan

– Kumurlah dengan air sari randu alas.

Bisul di muka

– Apabila anda sering mendapat gangguan karena timbulnya bisul-bisul kecil dimuka, maka sabelum makan minumlah jamu seperti ramuan di bawah ini dalam waktu beberapa hari lamanya.
– Garuklah kayu bidara laut dengan pecahan beling hingga 1 sendok makan yang besar, kemuridan rebuslah bahan itu dengan air sebanyak 1 gelas, lalu saringlah dan minumlah pada pagi hari sebelum makan. Air rebusan jamu itu juga dapat digunakan untuk mengompres bagian muka yang berbisul.
– Air sarinya daun asam dan empu kunir juga dpat dipakai sebagai obat pencuci muka yang berbisul tersebut.

Bisul pada lidah

– Berkumurlah dengan air sarinya akar randu alas.

Bisul yang sukar disembuhkan (veneris)

– Penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat luar terdiri dari daun sidaguri.

You may also like...

1 Response

  1. terima kasih banyak mas tips nyaa,,, ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *