DEMAM – Resep Herbal Pilihan Untuk Pengobatan Demam

Share This

Resep Herbal Pilihan Untuk Pengobatan Demam

Jenis-jenis demam dan pengobatannya :

Demam air hitam

  • Suatu ramuan yang masih merupakan percobaaan untuk memberantas penyakit ini adalah rebusan akranya ilalang.
  • Menurut pengalaman, rebusan temulawak dan daun meniran sangat manjur untuk menyembuhkan penderita dari penyakit ini.
  • Obat lain untuk menyembuhkan orang dari penyakit ini adalah getah ungu. Sebutir kira-kira sebesar kacang tanah yang besar dilarutkan ke dalam air sari seruni kuning yang masih panas. Setelah disaring, berikanlah hangat-hangat kepada si sakit. Ramuan ini harus diminum ketika masih panas.
  • Juga berikan kepada si sakit ai rebusan temulawak dengan daun terawas yang diiris lembut. Rebuslah umbi temulawak sebesar telur itik dengan 5 lembar daun terawas itu dengan air biasa sebanyak sebotol anggur, dan biarkan hingga air itu tinggal separo.
  • Air kelapa hijau yang masih muda juga merupakan obat yang baik bagi penderita sakit demam jenis ini.

Demam akibat jatuh, benturan dan sebagainya

  • Tumbuklah 8 sampai 10 lembar daun prasman dengan air biasa sebanyak 1 gelas. Sesudah dingin dan disaring, berikanlah kepada si sakit. Sisa ampasnya yang masih tersisa, tempelkanah pada bagian yang sakit.
  • Pengobatan juga dapat dilakukan dengan cara mengunyah daun prasman itu, kemudian menelannya. Air sarinya dapat membawa kesembuhan.

Demam akibat luka di dalam

  • Resep : Tumbuklah 20 lembar daun sambiloto, kemudian bubuhkanlah air biasa sebanyak 1 gelas kecil, lalu peraslah airnya dengan kain dan berikanlah semua itu kepada si sakit untuk diminum. Lakukan pengobatan seperti ini selama 14 hari berturut-turut. Namun apabila dalam 1 minggu dirasakan sudah membaik, kurangilah jumlah daun sambiloto itu hingga tinggal separonya. Ampas daun yang tersisa, dapat dijadikan tapel di perut.

Demam akibat luka gigitan yang menyebabkan infeksi

  • Resep : Tumbuklah atau haluskanlah segenggam penuh daun sambiloto, bubuhkanlah air biasa sebanyak 1 gelas, kemudian saringlah air itu, lalu diminum sekaligus.

Demam akibat luka yang menyebabkan infeksi

  • Resep : Remas atau tumbuklah segenggam penuh daun sambiloto, lalu bubuhkan air sebanyak 1 gelas, kemudian saringlah dan berikan kepada si penderita untuk diminum setakaran ini 2 kali sehari. Ampasnya yang tersisia tapalkanlah pada bagian yang luka. Apabila luka itu terasa panas, gantilah dengan tapal yang baru.

Demam akibat melahirkan

Resep 1 : Demam jenis ini biasanya disebabkan oleh zat-zat yang mengganggu kesehatan yang tertinggal di dalam tubuh ketika terjadi kelahiran, sehingga mengakibatkan peradangan kemudian beralih kepada pembusukan. Ramuan yang dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit ini seperti berikut : Ambillah sesendok kembang srigading dan rebuslah dengan air biasa sebanyak 1 gelas, hingga airnya tinggal separo. Apabila kita tidak bisa memperoleh bunganya, gantikanlah dengan 7 lembar daunnya dan bubuhkan 3 lembar daun iler.

Resep 2 : Dengan menggunakan ramuan masih segar seperti di bawah ini pada waktu pagi dan petang hari segera setelah melahirkan, kita dapat mencegah terjangkitnya demam jenis ini.

Rebuslah selembar daun pepaya yang masih muda, sesendok asam yang masih segar dan gula Jawa secukupnya dengan air biasa sebanyak 1 gelas. Tunggulah kepada si penderita untuk diminum.

Perlu dianjurkan disini, bahwa di samping minum ramuan seperti di atas ini, perut si penderita perlu pula diberi tapal yang dibuat dari 7 lembar daun iler, sesendok besar jung rahab (sesudah dibakar hangus) dengan asam kawak secukupnya. Semua bahan-bahan ini ditumbuk hingga halus.

Menurut pengobatan Jawa, dengan pengobatan ini, pendarahan yang biasa terjadi sesudah melahirkan dapat dihentikan. Sehinga dengan demikian kita dapat membebaskan diri dari jamu yang diberikan oleh dukun beranak yang dibuat dari candu dalam takaran yang banayak dan dicampur di dalam kopi yang diberikan setiap hari.

Dukun beranak itu berbuat demikian dengan maksud mengurangi rasa sakit pada penderita, jika si penderita mengelauh karena sakit yang herbat. Pengobatan seperti ini sebenarnya membahayakan. Gangguan rasa sakit berhenti, pendarahan berhenti pula, namun penderita juga tidak dapat kencing dan membuang air besar. Akibat yang segera timbul adalah demam tinggi, yang apabila tidak mendapat pengobatan yang terpat waktunya, dapat mengakibatkan kematian, karena tidak adanya kemungkinan untuk melenyapkan zat-zat yang kotor.

Resep 3 : Kita masih dapat mencoba dengan srigading, namun biasanya dengan pengobatan ini sudah terlambat. Obat yang lebih keras adalah asam kawak sebesar telur burung merpati dengan gula Jawa dan air secukupnya. Asam berkhasiat memurukan dan memberikan tekanan darah yang baru kepada tubuh bagian bawah. Di samping itu kita berikan pula tapal pada perut di penderita, terdiri dari kapur sirirh, air limau nipis dan minyak kayu putih.

Demam akibat radang paru-paru, bronkhitis atau TBC

Resep : Parutlah umbinya bidara upas yang masih segar dan peraslah airnya. Berikan air perasan sebanyak 1 gelas anggur ini kepada si penderita untuk diminum. Kepada anak-anak cukup segelas kecil. Apabila tidak ada umbi yang masih segar, boleh juga menggunakan umbi yang sudah lama. Namun umbi yang lama, air sarinya tidak sebanayak yang abru. Oleh karenanya bubuiah air yang telah dimasak. Sebelum minum jamu ini, terlebih dahulu dikumuri. Ampas yang tersisa tapalkanlah pada kerongkongan. Disamping pengobatan ini, sebagai air minumnya janganlah menggunakan air biasa, tapi minumlah air rebusan daun pegagan.

Demam akibat perut dan pencernaan

  • Sebagai obat cuci perut, seyogyanya pergunakanlah serbuk rabarber.
  • Tajin (kuah nasi) berkhasiat mendinginkan dan bekerja sangat baik untuk penyakit demam yang diakibatkan oleh perut dan pencernaan. Cara membuat tajin ialah sebagai berikut:  Semangkuk beras yang telah di cuci bersih di masak dengan 8 mangkuk air biasa. Setelah air itu mendidih, ambillah sesendok demi sesendok. Karena tajin ini mudah menjadi masam (basi), maka buatlah senantiasa yang baru.
  • Air rebusan daun gagan sangat baik untuk mengobati sakit demam seperti ini.
  • Juga tumbuh-tumbuhan yang diolah menjadi sayur, supaya dibubuhi ketumbar.
  • Dengan memakan labu air, dapat menyembuhkan sakit demam di dalam perut.
  • Air sari daun saga dan tangkainya, juga dapat mengenyahkan demam di dalam perut.
  • Rebusan daun terawas yang telah dikeringkan juga  sangat mujarab untuk mengobati sakit demam demikian.
  • Kita juga dapat mengambil manfaatnya daun pulutan yang masih muda dimasak sebagai air minum.
  • Bunga selasih biasanya kita buat menjadi minuman yang segar. Khasiat yang menyegarkan itu dapat memberantasa sakit demam di dalam perut.
  • Tapal perut yang dibuat daun sosor bebek, juga dapat menghilangkan demam di perut.
  • Demam di dalam perut yang disertai berak darah dan ingus, dapat diobati dengan buah tempayan. Biji buah itu disiram air panas, lalu dibuang kulit tipisnya, kemudian dicampur dengan seterup atau gula.

Demam akibat tegang syaraf

  • Untuk mengobati demam jenis ini, dapat kita gunakan rebusan daun pegagan.
  • Mencuci diri dengan rendaman daun lenglengan aatau daun sangket yang diremas-remas, juga sangat baik. Mencuci diri sambil duduk dengan air dingin, dapat meringankan bagi si sakit.

Demam di dalam

  • Demam jeni sini disembuhkan dengan buah tempayan.
  • Dapat juga disembuhkan dengan tangkai dan daun saga manis.
  • Obat ketiga yang dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit ini adalh air sari yang dapat kita peroleh dari tumbuh-tumbuhan menjalar sariawan, pada pagi –pagi benar sebelum matahari terbit.
  • Selain itu dapat juga disembuhkan dengan memakan daun tempu.

Demam dingin

Resep : Gejala –gejala penyakit ini hampir sama dengan Demam Cialacap, yakni mula-mula rasa dingin pada kaki dan tangan. Obatnya ialah 4 gram daun prasman direbus dengan 2 gelas air biasa, hingga air itu tinggal separo. Setelah dingin dan disaring, berikan kepada si penderita untuk diminum.

Demam kambuhan

  • Demam jenis ini dapat diobati denag ari sari kulit akar nangka hitam atau nangka bubur yang ditumbuk.
  • Apabila demam ini senantiasa membandel, pakailah air sarinya batang bratawali.

Demam Malaria

  • Untuk mencegah pengaruh yang merugikan kesehatan dari demam malaria, yang pada umumnya kita derita pada waktu kita menginjak daerah rawa-rawa yang baru dibuka untuk tanah perladanagn, ialah secara teratur makan bawang putih yang di masinkan.
  • Membersihkan diri yang dapat mengeluarkan peluh (keringat) juga sangat mujarab. Bersihkanlah diri pasien dengan air hangat, yang sepermpatnya terdiri dari cuka. Untuk mengeringkan diri pasien sesudah mandi, gunakanlah handuk yang besar. Selimutilah diri pasien dengan selimut dari kain atau wol, sesudah mandi dengan air hangat yang dapat mengeluarkan keringat tersebut.
  • Mencuci kaki dan mandi berendam dengan air rendaman daun sembung juga baik.
  • Potonglah limau sitrun menjadi dua dan rebuslah dengan air sehingga limau itu tenggelam. Setelah liamu itu masak, saringlah airnya, kemudian berikanlah kepada si sakit sedikit demi sedikit tanpa gula untuk diminum. Maka demam itu segera  hilang. Pengobatan itu harus dilakukan selama satu bukan berturut-turut.

Demam Obat-obat anti demam

Krokot (postelin) adalah obat yang baik untuk penyakit demam. Sayuran ini dapat mencegah terhadap beberapa macam penyakit tropis. Krokot sebenarnya tidak boleh dimasak. Namun orang-orang yang pertumbuhan giginya kurang baik dan kekurangan air pencernaan, boleh juga makan krokot yang dimasak.

Untuk mencegah terjangkitnya demam, kita dapat menggunakan air sarinya krokot, yang cara memperolehnya seperti di bawah ini :

  • Ambillah setengah pon krokot, cuci bersih-bersih, potong-potonglah selebar jari dan hidangkanlah sebagai sayuran tanpa dibubuhi air, jadi demikian basah seperti ketika baru dicuci.
    Apabila krokot itu dimasak, maka airnya harus disaring dulu, baru boleh diminum menurut kesukaan. Bahan ini berkhasiat menurunkan suhu badan, membersihkan badan, menenangkan pasien, menghilangkan rasa gatal dan peradangan serta mencegah pendarahan usus. Untuk orang-orang yang sehat badab, juga baik.
  • Rejasa juga mempunyai khasiat untuk mencegah demam. Untuk ini kita dapat menggunakan air sari kulit batang, akarnya atau daunnya. Semua sama gunanya.
  • Daun pepaya juga berkhasiat mencegah demam dan mempunyai yang bersih bagi seluruh tubuh.
  • Mereka yang tidak tahan menggunakan kinina dalam menanggulangi demam, dapat menggunakan air sari kulit suren.
  • Suatu obat yang baik untuk mengusir demam, adalah makan bijinya buah duku yang ditumbuk kemudian dimakan. Namun utnuk penderita kencing manis, bahan ini merupakan barang larangan.
  • Air sari dari kulit batangnya sawo manila juga berkhasiat mencegah demam.
  • Juga kulit akarnya maja bisa mencegah demam. Air sari ini diminum.
  • Akarnya tapak liman juga berkhasiat mencegah demam. Mula-mula akar ini ditumbuk, kemudian dibubhi air, lalu diperas diambil airnya untuk diminum.
  • Pada waktu sedang sakit demam, minumlah air mawar yang dibubuhi madu.
  • Kulit akarnya waru lengis juga berkhasiat mengusir penyakit demam. Cara menggunakannya ialah dengan cara merebus akar itu, kemudian di ambil airnya untuk diminum.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *