SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Share This

Cara pencegahan dari penyakit/virus

Pencegahan secara umum dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan higienis. Pola hidup sehat ditujukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dengan gizi cukup dan seimbang termasuk vitamin yang diperlukan tubuh, istirahat yang cukup,olah raga yang teratur. Menjaga higienitas dengan cara: mencuci tangan dan menggunakan alat pelindung din bila melakukan kontak dengan binatang dalam keadaan mati apalagi hidup, daging unggas yang dikonsumsi harus dimasak pada suhu 100 derajat C selama 1 menit, memperhatikan penanganan kulit telur dan telur mentah karena dapat tertular, menjaga kebersihan ruang kandang dan sebaiknya menggunakan desinfektan.

 

Sistem kekebalan tubuh

terbagi atas 3 kelompok :

  1. Yang bersifat fisik / mekanik yaitu : kulit, selaput lendir, silia, reflek bersin, reflek batuk.
  2. Yang berupa bahan terlarut dalam tubuh asam lambung, laktoferin, lisozym.
  3. Yang terlarut dalam darah : komplemen, interferon, C Reaktif Protein, sel—sel leukosit.

 

Bagaimana sistem

kekebalan tubuh bekerja?

sistem Kekebalan Tubuh

Ibarat suatu negara, manusia harus memperhatikan sistem pertahanannya kalau ingin menjalani hidup sehat. Manusia mempunyai musuh yang tidak kasat mata yang ada di dalam air minumnya, makanannya, udara yang dihirup, rumah atau tempat bekerja. Mereka adalah virus, bakteri dan mikroorganisme yang bersifat patogen( menimbulkan penyakit).

Yang menarik walaupun manusia dikelilingi ancaman serius ini kita “seakan—akan” tidak melakukan upaya apapun untuk melmndungi diri darinya. Ini disebabkan adanya suatu mekanisme dalam tubuh yang senantiasa menjalankan tugas untuk memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Sistem ini merupakan sistem yang penting dan vital dalam pertahanan tubuh. Setiap agen penyakit (virus, bakteri, mikroorganisme lain) tidak mudah masuk dan menyerang tubuh manusia bila sistem kekebalan tubuhnya kuat.Sehingga dalam upaya mencegah terinfeksinya manusia dengan virus flu burung mi adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Fungsi sistem kekebalan

tubuh meliputi :

  1. Fungsi pertahanan tubuh yaltu menangkal tubuh agar tubuh tidak sakit. Bilafungsi mi terhambat maka seseorang akan mudah terkena sakit atau infeksi.
  2. Fungsi keseimbangan yaitu menjaga keseimbangan tubuh dan sel—sel yang sudah tua (mati)
  3. Fungsi pengawasan yaltu kemampuan sel—sel kekebalan tubuh untuk melakukan pengawasan ke seluruh bagian tubuh untuk membinasakan sel—sel yang mengalami mutasi menjadi sel-sel tumor atau kanker. jika fungsi ini terganggu/ melemah seseorang akan mudah terserang penyakit kanker.

 

Sistem kekebalan tubuh akan

bekerja dalam 3 tahapan

 

  1. Tahapan pertama (awal) terjadi pada kulit, rambut, selaput lendir dli.
  2. Tahapan non spesifik(humoral) berupa aktivitas fagositosis (penelanan sel), reaksi komplemen, lisis(penghancuran sel)
  3. Tahapan spesifik(seluler) yang baru akan bekerja bila tahapan nonspesifik tidak memadai dan bekerja menurut jenis serangan apakah virus, bakteri atau yang lain.

 

Faktor—faktoryang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh adalah : stress, kekurangan gizi, kurang istirahat atau terialu lelah, perubahan cuaca.Untuk mempertahankannya dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu tidak stress, makan dengan makanan yang bergizi cukup dan seimbang, dan cukup istirahat.

 

Memperkuat daya tahan

tubuh dengan herbal:

SISTEM KEKEBALAN TUBUH

 

Untuk mencegah infeksi virus flu burung atau virus lainnya adalah dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Bisa saja orang yang teiah terinfeksi virus mi tidak mengalami gejala apapun atau gejalanya ringan. Ini berarti kualitas kekebalan tubuhnya balk.

Memang untuk dapat mendapatkan daya tahan prima orang harus menerapkan pola hidup sehat. Tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk dapat menerapkan pola hidup sehat tsb.Kadangkala memang seseorang bekerja dalam pekerjaan yang tingkat stressnya tinggi, atau tidak cukup kesempatan untuk senantiasa mendapat makanan yang gizinya cukup dan seimbang,atau juga karena suatu aktivitas penting seseorang akan kurang waktu istirahatnya. Sehingga perlu modailtas lain untuk mencukupi kekurangan tsb.

Disamping itu dan segi pengobatan, obat—obat anti viral harganya mahal, penggunaannya harus hati—hati karena dapat memicu resistensi. Untuk kasus virus flu burung obat hanya efektif dalam 48 jam pertama sehingga penggunaan juga terbatas.

jika dalam upaya penanganan yang paling baik adalah pencegahan dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan keterbatasan kemampuan setiap orang berbeda untuk mengupayakan pola hidup sehat kita harus melakukan upaya lain agar kekebalan tubuh tetap prima.

You may also like...

1 Response

  1. April 10, 2015

    […] ketiga yaitu daya tahan tubuh, juga menentukan kemampuan seksual. Badan lemah dengan alasan atau penyebab apapun memang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *