Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan

Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan


Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan

Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan

Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan – Cukup banyak orangtua yang menanyakan cara menambah berat badan bayi. Pasalnya, angka kelahiran bayi dengan berat badan rendah ternyata masih terbilang tinggi. Indonesia bahkan masuk dalam 10 besar dunia kasus bayi berat lahir rendah dengan persentase lebih dari 15,5 persen setiap tahunnya.

Memang, tidak semua bayi yang terlahir ‘mungil’ berarti tidak sehat. Pada beberapa kasus, bayi yang terlahir dengan berat badan rendah bisa tumbuh sehat dan mengalami kenaikan berat badan secara konstan dan stabil.

Namun, sebagian bayi kesulitan menaikkan berat badan dan terlihat kecil dibandingkan bayi-bayi lain seusianya. Jika berat badan bayi Anda berada di bawah grafik atau tabel pertumbuhan ideal, khususnya bayi berusia 0-12 bulan, mungkin Anda diikuti perasaan cemas mengenai kesehatan si kecil.

Ada beberapa penyebab bayi sulit menambah berat badan, mulai dari kelainan pada organ pencernaan, kelainan bawaan, kesulitan menelan, pemberian ASI atau susu formula yang kurang baik, kesalahan pemberian makan pada bayi serta beberapa penyebab lainnya.

[Baca Juga: Alergi Susu Formula Pada Bayi]

Terlepas dari penyebab bayi Anda sulit menambah berat badan, ada sejumlah cara menambah berat badan bayi yang bisa Anda terapkan untuk menunjang pertumbuhan si kecil.

CARA MENAMBAH BERAT BADAN BAYI DI BAWAH 6 BULAN

Jika bayi Anda berusia kurang dari 6 bulan, maka bayi Anda masih menikmati ASI eksklusif ataupun susu formula jika Anda kesulitan menghasilkan ASI. Beberapa orangtua beranggapan mempercepat pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) sebelum 6 bulan adalah cara menambah berat badan bayi yang efektif. Namun, sebaiknya hindari memberikan MPASI atau makanan padat sebelum bayi berusia 6 bulan karena organ pencernaan bayi belum cukup matang. [Baca Juga: Bunda… Ini Lho, Susu Terbaik Untuk Bayi Anda]

Sebaiknya, lakukan langkah-langkah berikut sebagai cara menambah berat bayi Anda:

  1. Berikan ASI atau susu formula setiap 2 jam sekali. Pemberian ASI atau susu formula secara rutin adalah cara menambah berat badan bayi yang efektif. Berikan ASI atau susu formula setiap 2 jam sekali di pagi, siang dan sore hari serta minimal satu kali di malam hari untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Umumnya, bayi secara otomatis meminta susu jika merasa lapar. Namun, pada beberapa kasus, bayi mungkin jarang menangis untuk meminta susu. Jika itu yang terjadi pada bayi Anda, maka Andalah yang harus menetapkan jadwal pemberian ASI atau susu formula setiap 2 jam sekali.
  2. Pompa ASI terlebih dulu sebelum menyusui bayi. Bagi ibu yang menyusui, ada baiknya memerah atau memompa ASI sekitar 5 menit sebelum menyusui. Ini dilakukan untuk mengeluarkan sebagian foremilk (air susu depan) yang mengandung lebih banyak air sehingga ketika menyusu, bayi akan mendapat lebih banyak hindmilk (air susu belakang) yang memiliki kandungan lemak dan kalori lebih tinggi.
  3. Pijat bayi secara teratur. Pijat bayi diketahui sebagai salah satu cara menambah berat badan bayi yang efektif. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan pijatan 10-15 menit sehari kepada bayi dapat meningkatkan berat badan secara signifikan. Ini karena pijatan terhadap bayi diklaim dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga membantu penyerapan nutrisi pada bayi. Selain itu, pijat bayi juga membantu memicu pelepasan hormon yang juga berperan dalam meningkatkan nafsu makan bayi.
  4. Tidur berdekatan dengan bayi Anda. Tidur berdekatan dengan si kecil diketahui dapat meningkatkan hormon prolaktin atau hormon menyusui serta meningkatkan frekuensi menyusui sehingga menjadi cara menambah berat badan bayi yang sangat baik.
  5. Maksimalkan kontak kulit dengan bayi. Usahakan melakukan kontak kulit (skin to skin) sesering mungkin dengan bayi Anda. Atau, gendong si kecil menggunakan kain maupun baby carrier sepanjang hari. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kontak kulit atau berdekatan dengan bayi Anda sesering mungkin adalah cara menambah berat badan bayi dengan lebih cepat sekaligus meningkatkan kemampuan si kecil menyusu dan membuat detak jantungnya lebih stabil.

CARA MENAMBAH BERAT BADAN BAYI DI ATAS 6 BULAN

Bayi berusia 6 bulan atau lebih sudah bisa menerima MPASI untuk memenuhi nutrisi yang mereka butuhkan. Cara menambah berat badan bayi di atas 6 bulan adalah dengan mengoptimalkan nutrisi yang diterima bayi. Pastikan buah hati Anda mengonsumsi makanan penuh gizi. Anda juga bisa memberikan suplemen alami untuk mempercepat penambahan berat badan bayi.

Berikut makanan dan suplemen alami yang bisa membantu menambah berat badan bayi:

  • Biji-bijian.Makanan yang terbuat dari biji-bijian diketahui mengandung kalori yang baik dan sehat. (lifestyle.sindonews.com/read/937941/155/makanan-penambah-bobot-tubuh-bayi) Pemberian biji-bijian dalam MPASI adalah cara menambah berat badan bayi yang sehat karena dapat meningkatkan konsumsi kalori si kecil secara alami.
  • Cara menambah berat badan bayi lainnya adalah dengan memberikan daging ayam ataupun sapi ketika si kecil menginjak usia 8 bulan. Daging memiliki kandungan protein dan kolesterol sehat yang baik untuk menggenjot pertambahan berat badan pada bayi.
  • Ubi manis.Ubi manis memiliki kandungan kalori yang kaya sehingga efektif untuk mendongkrak berat badan bayi. Kandungan lemak jenuh dalam ubi manis pun terbilang rendah sehingga merupakan cara menambah berat badan bayi yang aman. Anda bisa memberikan ubi manis ketika si kecil berusia lebih dari 6 bulan.
  • Alpukat dan pisang.Alpukat dan pisang adalah buah-buahan yang memiliki kandungan lemak sehat dan kalori yang padat sehingga efektif untuk menambah berat badan bayi Anda. Pemberian alpukat dan pisang kepada bayi 6-8 bulan bisa dalam bentuk bubur halus. Jika bayi Anda berusia 9 bulan ke atas, Anda bisa memberikannya dalam bentuk buah.
  • Menambahkan minyak pada bubur bayi adalah cara menambah berat badan bayi yang bisa Anda coba karena kandungan lemak yang kaya. Tentunya bukan sembarang minyak yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Pilihlan minyak zaitun extra virgin yang tidak bersuhu tinggi dan tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. (life.viva.co.id/news/read/425194-minyak-terbaik-untuk-makanan-bayi) Ini penting untuk memastikan nutrisi di dalam minyak masih terjaga dengan baik.

Itulah sedikit informasi mengenai Susu Bayi Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan yang bisa Bunda terapkan. Selamat mencoba!


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

Bunda Bingung Memilih… ??? Ini Botol Susu Ba... Botol Susu Bayi Terbaik - Dear Bunda, Peralatan bayi sangat penting untuk bunda perhatikan, mengingat pada tahun pertama kelahiran bayi sangat rent...
Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Karena Kosmetik... Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Tahukah anda bahwa beberapa anak mengalami reaksi alergi yang muncul secara jelas di kulit, biasanya akibat sentu...
Bunda Perlu Tau, Tanda Susu Formula Tidak Cocok Un... Manakah yang lebih baik? ASI atau susu formula? Jawab: Tentu saja yang terbaik adalah ASI. ASI adalah cairan sempurna yang dipersiapkan Tuhan bagi ...
Kapan Susu Formula Basi ?, Ini Jawabannya… Kapan Susu Formula Basi Berapa jam maksimal untuk susu formula yang sudah di seduh untuk di berikan kepada anak? Jawab : Berapa lama susu boleh ber...
happy wheels 2
CLOSE
CLOSE