Susu Sapi dan Susu Kedelai, Mana Yang Lebih Sehat ??

Share This

susu-sapi-dan-susu-kedelai-mana-yang-lebih-sehat

Susu Sapi VS Susu Kedelai

Segala sesuatu yang ada di dunia ini, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan susu. Paling suka yang mana, antara susu sapi dan susu kedelai? Well, keduanya mengandung nutrisi yang sama tingginya. Namun beberapa orang memiliki intoleransi terhadap susu sapi, sementara lainnya tidak menyukai tekstur serta rasa susu kedelai. Tapi sebenarnya dari kedua jenis susu ini mana yang lebih sehat? Yuk, intip ulasannya!

  • Perbandingan gizi susu sapi dan susu kedelai

Laktosa, karbohidrat utama dalam susu sapi, akan menyebabkan masalah pencernaan bagi beberapa orang. Orang yang intoleran (tidak toleran) terhadap laktosa, disebabkan karena kekurangan enzim laktosa, yang diperlukan untuk memecah laktosa. Hal ini membuat orang yang intoleran menghasilkan gas, kembung, dan diare setelah mengonsumsi beberapa bentuk produk susu sapi.

Susu kedelai adalah pengganti bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Secara teknis, susu kedelai bukanlah susu seperti pada susu sapi, melainkan minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai. Susu kedelai juga populer di kalangan vegetarian, karena bahan dasarnya yang berasal dari tumbuhan..

Jika kita membandingkan susu sapi dengan susu kedelai, keduanya memiliki jumlah nutrisi penting yang sama, lho. Dalam satu cangkir jenis susu apapun, diperkaya 8 gram kalsium, fosfor, Vitamin A, Vitamin D dan Vitamin B 12. Namun beda dengan susu skim atau susu sapi yang satu ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Uniknya, susu kedelai adalah sumber Omega 3.

  • Kandungan kalori yang terkandung dalam susu

Seperti yang sering dibahas, susu sapi umumnya mengandung lebih banyak kalori daripada susu kedelai. Secangkir susu sapi memiliki lebih dari 100 kalori, sementara secangkir susu kedelai hanya mengandung 80 kalori saja. Namun meski susu kedelai rendah kalori, susu sapi yang paling menguntungkan dalam membantu menurunkan berat badan, lho. Wow!

  • Kelebihan dan Kekurangan Susu

Kelebihan dan Kekurangan Susu Sapi

Susu sapi kaya akan kandungan kalsiumnya. Secangkir susu sapi dapat mencukupi kebutuhan kalsium sebanyak 30 persen per hari. Susu sapi juga mengandung vitamin D dan protein yang dapat mencegah timbulnya masalah pada tulang. Selain itu, kandungan kalium dan fosfor yang terdapat pada susu sapi juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang.

Dalam memilih susu sapi sebaiknnya pilihlah susu tanpa lemak yang hanya mengandung setengah jumlah kalori susu. Jangan mengonsumsi susu sapi apabila Anda alergi dengan laktosa sebab susu sapi justru dapat membuat Anda kembung dan diare.

Kelebihan dan Kekurangan Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan protein tinggi dan bebas dari lemak jenuh. Kedelai dalam bentuk minuman atau makanan dapat menekan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi sebanyak 25 gram per hari.

Sayangnya, kandungan kalsium pada susu kedelai cukup rendah. Maka lebih baik apabila Anda memilih produk yang diperkaya kalsium dan vitamin D.Kandungan protein phytic acids dalam susu kedelai juga akan menghambat penyerapan vitamin dan mineral serta zat besi dalam tubuh.

Nah, tidak bingung lagi antara susu sapi dan susu kedelai, mana yang lebih sehat, kan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *