Tanda bahaya Masa Kehamilan

Share This
Tanda bahaya Masa Kehamilan

Tanda bahaya Masa Kehamilan

  1. Perdarahan sangat ringan tanpa rasa sakit atau nyeri adalah hal umum yang terjadi di awal kehamilan. Namun, perdarahan bisa menjadi tanda bahaya kehamilan atau komplikasi serius jika:- Perdarahan berat dengan darah berwarna gelap disertai sakit perut parah (di salah satu sisi perut), kram, dan serasa ingin pingsan pada trimester pertama. Ini bisa menjadi tanda kehamilan ektopik (hamil di luar rahim) yang dapat mengancam jiwa.
    Perdarahan berat disertai nyeri punggung atau sakit perut kuat pada awal trimester kedua yang mungkin merupakan tanda keguguran.
    Perdarahan dengan nyeri perut pada trimester ketiga dapat menjadi gejala solusio plasenta (plasenta terlepas dari dinding rahim).
    Perdarahan tiba-tiba tanpa rasa sakit menunjukkan gejala plasenta previa (sebagian atau seluruh plasenta bayi menyelimuti atau berada di atas pangkal leher rahim).
    Perdarahan berat pada usia kehamilan kurang dari 37minggu, kemungkinan bayi akan terlahir prematur.
  2. Anemia Akut: Merasa makin lemah, cepat capek, dan terlihat pucat; harus minta kapsul zat besi ke petugas kesehatan. Lebih baik melahirkan di Rumah Sakit karena resiko pendarahan tinggi.
  3. Bengkak kaki di tiga bulan terakhir kehamilan disertai gejala bengkak tangan, muka, pusing berkepanjangan, atau pengelihatannya menjadi terganggu ; bisa menjadi masalah serius-bisa jadi terkena toxemia atau keracunan kehamilan. Segera pergi ke petugas kesehatan. Jika memang menderita kehamilan toxemia, sangat penting untuk : Istirahat total di tempat tidur, Makan diet sehat, Jika tidak ada perubahan gejala , masih mengalami gangguan pengelihatan, bengkak wajah dan berbusa mulut (gejala epilepsy), segera pergi ke rumah sakit, atau mereka bisa meninggal.
  4. Mual berat dan muntah-muntah. Mual dan muntah ketika hamil memang hal yang wajar terjadi, namun bisa menjadi hal yang serius jika tidak terkendali dan parah. Mengapa? Ketika merasa mual, ibu hamil kemungkinan tidak bisa makan atau minum apa pun. Akibatnya, ibu hamil dan janin berisiko terkena dehidrasi dan kekurangan gizi. Sering muntah ketika hamil juga bisa menjadi tanda bahaya kehamilan seperti:
  5. Demam. Ibu hamil lebih rentan terjangkit pilek dan flu. Oleh karena itu, jangan heran jika ibu hamil terkadang mengalami demam. Tapi, segera hubungi dokter jika demam berlangsung lebih dari 24-36 jam dan suhu tubuh di atas 37,5°C tapi tidak menunjukkan gejala flu atau pilek. Atau jika suhu tubuh lebih dari 39°C selama beberapa waktu, karena ini dapat membahayakan bayi dalam kandungan.
  6. Janin jarang bergerak. Janin cukup sering bergerak merupakan tanda bahwa kehamilan baik-baik saja. Tapi jika pola pergerakannya berubah (berhenti atau melamban) setelah 24 minggu, ini berarti terjadi sesuatu dengan janin yang dikandung.
  7. Keluar cairan dari vagina. Jika ada cairan yang merembes dari vagina pada masa kelamilan kurang dari 37 minggu, itu berarti air ketuban sudah pecah. Artinya, janin yang ada di dalam kandungan sudah harus dilahirkan walau dalam keadaan prematur. Namun, bisa jadi cairan yang keluar tersebut bukan air ketuban, melainkan urine. Ini akibat adanya tekanan pada kandung kemih ketika rahim membesar. Untuk membedakan apakah cairan yang merembes adalah air ketuban atau urine, coba buang air kecil. Jika usai berurine cairan terus keluar, itu tandanya air ketuban sudah pecah.
  8. Jatuh. Jatuh ketika hamil tidak selalu berbahaya. Jika jatuh terduduk tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena janin terlindungi oleh rahim dan cairan ketuban. Namun, jika perut terkena benturan ketika jatuh hingga terjadi kontraksi, adanya rembesan cairan, atau perdarahan, segera datangi unit gawat darurat.

Jika Anda mengalami Tanda Bahaya Masa Kehamilan seperti di atas atau mengalami gejala lain yang tidak biasa selama hamil, segera hubungi dokter kandungan atau pergi ke rumah sakit terdekat. Keselamatan ibu dan bayi sama-sama penting.

Artikel Kesehatan Terkait

Benarkah bila pernah melahirkan Secara Bedah caesa... Bedah caesar Tidak pasti, semua tergantung kondisi kehamilan dan janin. Awalnya mitos ini muncul karena tindakan bedah caesar cara lama yang mengiri...
Penyebab Wanita Sulit Hamil Penyebab Wanita Sulit Hamil Masalah kehamilan akan selalu menjadi topik bahasan sepanjang masa. karena siapapun pasangan tentu menginginkan kehadira...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *