TEKNIK PENGOBATAN STROKE

Share This

Teknik Pengobatan

               STROKE

TEKNIK PENGOBATAN STROKE dalam dunia medis dikenal bahwa, penyakit stroke adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh terganggunya suplai darah/oksigen ke otak. Hal ini diakibatkan baik oleh pecahnya pembuluh darah di otak atau berhenti/ terganggunya suplai sehingga otak tidak mendapatkan darah yang sekaligus membawa oksigen. Penyebabnya bisa karena tekanan darah tinggi atau karena perigerasan pembuluh nadi.

Didalam pengobatan dengan refleksologi, maka hal yang dilakukan adalah melakukan pemijatan pada refleks—refleks yang berhubungan dengan penyakit stroke. Bagian yang perlu dilakukan pemuatan tersebut adalah daerah otak, refleks hipofisis, refleks leher, refleksi jantung dan refleks ke fleksus solar.

Pemijatan daerah otak

Dalam teknik pengobatan stroke kita sudah mengenal bahwa aliran darah tubuh menyilang sewaktu meninggalkan otak. jika terjadi pendarahan pada satu sisi, maka kelumpuhan akan jelas terjadi pada sisi lainnya (kontralateral). Sedangkan impuls refleks dalam tubuh kita tidak menyilang sehingga kita dapat melakukan pemijatan pada kedua kaki secara sama.

Jika kita mengobati orang baru terkena stroke maka segera kita harus melakukan pemijatan. Yang pertama dilakukan adalah melakukan pemijatan daerah refleks otak pada kedua ibu Jan kaki setelah itu baru daerah penting lainnya. Pemijatan ini akan banyak membantu sirkulasi darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi tekanan darah.

Setelah dilakukan pemijatan pada kaki maka sirkulasi akan berjalan dengan normal akibatnya penyediaan oksigen ke otak akan cukup sehingga tidak hanya pasien memperlihatkan tarida pemulihan, tetapi kelumpuhan akan dicegah.

Pemijatan daerah refleks hipofisis

pijat hipofisis

pijat hipofisis

Kelenjar hipofisis adalah kelenjar penting karena Ia mengendalikan keseluruhan susunan kelenjar. Ia merupakan sel pertama dibentuk pada saat pembuahan sehingga terkadang dinamai kelenjar induk. Berada pada pusat kepala dan pada dasar otak dalam cekungan yang dikenal sebagai sela tursika tulang sfenoidale. Ukuran kelenjar hanya sebesar kacang polong, namun ia dibagi dalam dua lobus, masing-masing mensekresi hormon dengan fungsi berbeda. Ditutupi oleh hipotalamus yang berfungsi dalam pengendalian sekresi hipofisis.

Refleks hipofisis pada telapak kaki berada pada bagian tengah dan. kedua ibu jan kaki (dapat dilihat pada peta refieksologi, herba edisi lalu). Pemijatan bagian mi penting dilakukan karena berfungsi dalam memperbaiki permasalahan di otak. Untuk pengobatan pijatlah bagian ini sesuai kebutuhan secara rutin.

.

Pemijatan daerah refleks leher

Pijat Refleksi Leher

Pijat Refleksi Leher

Refleks leher berada pada sisi luar dan ujung bawah ibujari kaki. Pemijatan ni penting karena berperan dalam mencegah/menghilangkan terbentuknya tegangan pada tengkuk. Untuk pengobatan pijatlah bagian ini sesuai kebutuhan.

Pemijatan daerah refleks jantung

pijat jantung

pijat jantung

Teknik pengobatan stroke selanjutnya eflek sjantung berada di bagian tengah telapak kaki kiri sedikit menggeser ke bagian atas. Pemijatan refieks jantung berperan dalam meningkatkan sirkulasie darah. Jika sirkulasi darah terganggu akibat permasalahan di jantung maka dengan pijatan di bagian ini akan memperbaiki sirkulasi sehingga suplai darah ke otakpun lancar.

 

Pemijatan daerah refleks pleksus solar

pijat pleksus solar

pijat pleksus solar

Titik refleks pleksus solar berada kira-kira di tengah-tengah telapak kaki kin dan kanan sedikit ke atas. Fungsi pemijatan disini berperan untuk merelaksasi tegangan dan menenangkan pasien. Untuk pengobatan pijatlah daerah ml sesuai kebutuhan dan secara rutin.

Waktu untuk pemijatan dalam pengobatan stroke dapat dilakukan kira-kira 30 menit dalam satu sesi pengobatan. Lima betas menit untuk masing—maSiflg kaki. Lakukan pemjjatan dan kelima refleks tersebut dia atas. Pastikan posisi pasien berada dalam kenyamanan.

Hal lain yang penting dalam pengobatan stroke adalah memahami kondisi yang dialami pasien. Misalnya kita memahami kondisi pasien dimana tidak dapat bergerak dan berbicara. Mengatakan ke pasien bahwa kita akan membantunya pulih akan membantu menenangkan pasien. janganlah melakukan pembicaraan (yang dapat didengar oleh pasien) membahas penyakit seolah—olah pasien suatu obyek mati bukannya orang hidup. (adi).

Artikel Kesehatan Terkait

Gejala Stroke Gejala- gejala stroke lainnya: — Separo badan merasa lemas — Lidah moncong bila dijulurkan — Sulit menelan — Kesemutan — Bila makan / minum serin...
STROKE ,Bagaimana mencegahnya? STROKE Bagaimana mencegahnya ?? Kita tentu tidak ingin terkena stroke. Stroke memang suatu penyakit yang menakutkan. Betapa hidup kita sulit dan me...

You may also like...

4 Responses

  1. dersal says:

    trims atas infonya

  2. Udin says:

    Sangat bermanfaat, terima kasih, jadi yakin tambah akan kesembuhan istri saya,,,

  1. March 31, 2015

    […] Penderitaan ini memang sangat menggangu dan membawa kepada keputus-asaañ. Putus asa karena pengobatan yang diperoleh ternyata hanya simptomatik, gejala berkurang sedikit atau hilang sementara tetapi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *