Tips Meminumkan Obat Pada Bayi Dan Anak-Anak - Family Herbal Tips Meminumkan Obat Pada Bayi Dan Anak-Anak - Family Herbal
Tips Meminumkan Obat Pada Bayi Dan Anak-Anak
Tips meminumkan obat pada bayi

Tips Meminumkan Obat Pada Bayi Dan Anak-Anak


Tips meminumkan obat pada bayi

Tips meminumkan obat pada bayi

Menjadi orang tua yang baru saja memiliki bayi menjadi tantangan tersendiri, terutama jika orang tua secara langsung turun tangan dalam mengurus buah hatinya. Mengurus bayi memang susah-susah gampang, namun akan menjadi benar-benar susah ketika kondisi bayi sedang tidak sehat. Bayi yang sedang sakit akan cenderung lebih rewel, susah makan dan sebagainya. Membawa bayi berobat ke dokter adalah jalan yang banyak dilakukan oleh orang tua saat ini.

Pada penanganan secara medis biasanya dokter akan memberikan beberapa resep obat yang harus diminumkan atau diberikan pada bayi tersebut. Dalam proses pemberian obat pada bayi tentunya juga tidak boleh sembarangan. Karena kebanyakan kasus, bayi justru muntah saat diberikan obat atau bahkan tersedak. Nah, kali ini kami akan mengulas tips meminumkan obat pada bayi.

Sebelum meminumkan obat pada bayi, ada beberapa hal yang perlu Bunda pastikan terlebih dahulu, yakni :

  • Pastikan komposisi obat aman diminumkan untuk bayi, jika tidak mengetahui mengenai komposisi obat. Maka lebih baik gunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter.
  • Masa berlaku atau tanggal kadaluarsa pada kemasan obat, pastikan obat tersebut belum kadaluarsa.
  • Pastikan kemasan obat masih tersegel atau masih dalam keadaan baik.
  • Pastikan penyimpanan obat berada sesuai aturan pada kemasan atau petunjuk dari apoteker.
  • Pastikan meminumkan atau menggunakan obat sesuai dosis yang sudah diberikan dokter.
  • Jika obat tersebut adalah antibiotik, maka saat bayi sudah sembuh tetap minumkan hingga obat habis sesuai anjuran dokter.

Setelah memperhatikan berbagai macam hal di atas, selanjutnya adalah cara memberikan atau tips meminumkan obat pada bayi:

  • Ketika meminumkan obat pada bayi, gendonglah bayi dalam posisi kepala bayi lebih tinggi dibandingkan posisi badan. Hal ini menghindari bayi agar tidak tersedak dan berakibat pada obat yang masuk ke dalam paru-paru.
  • Biasanya tangan atau tubuh bayi susah diam ketika akan diminumkan obat. Sehingga ada baiknya Anda meminta bantuan orang dewasa atau anak yang lebih besar untuk membantu menenangkan bayi. Jika tidak ada yang bisa membantu, maka Anda dapat menggunakan selimut untuk membungkus tangan serta tubuh bayi agar tidak mengganggu pada saat meminumkan obat.
  • Jika bayi memuntahkan obat secara sengaja, maka Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk secara pelan-pelan membuka mulut bayi dan kemudian meminumkan meminumkan obat tersebut juga secara perlahan.

Obat dalam bentuk cair atau sirup biasanya menggunakan alat bantu seperti sendok dan pipet, berikut cara penggunaannya :

  • Jika menggunakan sendok, dilakukan dengan cara meletakkan sendok yang sudah disterilka dan sudah diisi obat pada sisi bawah bibir bayi, kemudian angkat sedikit sendoknya dan biarkan obat mengalir dengan sendirinya masuk ke dalam mulut bayi.
  • Jika menggunakan pipet, dilakukan dengan cara meletakkan pipet pada bagian sudut mulut bayi, kemudian keluarkan obat secara perlahan-lahan.

Jika penyakit bayi menggunakan obat tetes seperti untuk hidung, telinga dan mata. Maka Anda dapat memberikannya dengan cara :

  • Obat tetes hidung : Menengadahkan sedikit kepala bayi. Kemudian perlahan Anda dapat meneteskan obat di setiap lubang hidung bayi. Teteskan sesuai jumlah tetes yang di resepkan oleh dokter.
  • Obat tetes telinga : Membaringkan bayi pada salah satu sisi (memiringkannya) dengan posisi telinga yang terinfeksi atau yang akan ditetesi berada di atas. Teteskan obat tesebut ke dalam lubang telinga secara perlahan. Pastikan agar bayi tetap diam pada posisi yang sama selama beberapa saat agar obat yang diteteskan benar-benar masuk ke dalam telinga.
  • Obat tetes mata : Memiringkan sedikit kepala bayi, pastikan mata yang terinfeksi berada di bawah kemudian teteskan secara perlahan sesuai dosis yang diberikan dokter. Hal tersebut mencegah agar tetesan obat tidak mengalir pada bagian mata yang sehat. Kemudian dengan perlahan tariklah kelopak mata yang berada di bawah tersebut secara perlahan agar obat dapat dengan mudah masuk ke mata.

Demikianlah tips meminumkan obat pada bayi atau cara pemberian obat yang benar pada bayi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi para bunda di rumah dalam memberikan obat pada si buah hati.


Related Post :

Alergi Kulit Pada Anak dan Iritasi Karena Kosmetik Anak

AWAS !! Alergi Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

BAHAYA ! Jangan Biarkan Anak Duduk Posisi W


REKOMENDASI

squavit

happy wheels 2
CLOSE
CLOSE