TIPS MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

Share This

MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

TIPS MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

Tips meningkatkan nafsu makan anak , beberapa penyebabnya adalah :

1. Masa peralihan pemberian makanan pada anak ( umumnya usia 2 tahun keatas) .

Masalah ini bisa di terapi seperti berikut :

  • Untuk tips meningkatkan nafsu makan anak dengan terapi siapkan air jeruk nipis 1 sendok makan, tambah gula secukupnya secukupnya. Minumkan 2x dalam sehari setelah makan. Daun pepaya 1 helai, cuci, lalu lumatkan tambah sedikit garam dan air matang dikit demi sedikit kurang lebih 1/4 gelas, peras airnya , lalu minumkanlah sekaligus.

2.  Menu makanan yang dimasak sehari – hari kurang bervariasi.

Masalah ini dapat diatasi sebagai berikut :TIPS MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

  • Tips meningkatkan nafsu makan anak kita dapat memberikan tambahan makanan selingan yang mengandung gizi diantara makanan pokok, Misal ; karamel pisang (cara membuat : Rose brans, vanili, telur, air secukupnya) semua bahan dibuat adonan agak cair, lalu dijladreni dalam teflon setelah itu satu persatu jladrenan tadi digulungi dan didalamnya dikasih pisang dan coklat, kemudian digoreng.
  • Memasak dengan bahan yang sama tetapi dengan menu masakan yang berbeda, misal : Bahan dari beras, selain dimasak jadi nasi putih, bisa dimasak jadi  bubur, lontong, nasi kuning atau yang lainnya.
  • Usahakan anak makan 3x dalam sehari dan kalau bisa berikan makanan tambahan. Supaya zat yang dibutuhkan oleh tubuh si anak selalu terjaga.
  • Beri multivitamin pada si anak misal ; selain diberi ASI berilah susu menurut umur pada anak (bisa kosultasi gizi kedokter anak) atau vitamin anak.

3. Apabila anak menderita sakit perut misalnya cacingan, dll :

Cacingan :

  • Mentimun 250 g, tahu 500 g, lalu masaklah menjadi sop.
  • Daun pare segar 1 genggam, seduh dengan 1/4 air. Saring. Tambahkan 1 sdt madu, kemudian minumkan sebelum makan.
  • Wortel kering 5, buatlah sebuk dengan cara diparut, seduh dengan air secukupnya, minumkan 2x sehari, tiap minum 5 g.

Menurut cacing yang menyerang cacingan ini dapat dibedakan menjadi 2 macam :

  1. Cacing gelang : Gunakan 6o gram jahe yang telah dikupas dan dibersihkan dan dihaluskan beri segelas air kemudian saring dan beri madu 1 sendok makan, diminum 3x sehari. Atau gunakan sendok biji pepaya lumatkan dan beri madu 1 sendok makan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Minumkan selagi masih hangat 1 x sehari.
  2.  Cacing kremi : Gunakan 3 siung bawang putih, hilangkan kulit arinya kunyah sampai halus kemudian ditelan lanjutkan dengan minum air hangat lakukan 1- 2 x sehari. Atau gunakan 1/4 kelapa hijau dan wortel yang telah diparut campur dengan segelas air saring dan minumlah pada malam hari sebelum tidur.

Demikian tips meningkatkan nafsu makan anaksemoga bermanfaat …

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *