Trik Membuat Tidur bayi Lebih Berkualitas

Share This
Tidur berkualitas buat baby

Tidur berkualitas buat baby

Trik Membuat Tidur Si Kecil Lebih

Berkualitas

 

Seperti yang sudah kita tahu, bayi usia 1-18 bulan memerlukan kurang lebih 15 jam untuk tidur. Sedangkan, anak di atas 18 bulan membutuhkan sekitar 8 hingga 9 jam dalam sehari untuk tidur. Seringkali yang menjadi persoalan adalah anak-anak usia 1-18 bulan rewel jika kita tidurkan. Untuk menghadapi hal ini, psikolog anak Vera Itabiliana, Psi., punya tips praktis yang bisa langsung kita praktekkan. Simak, yuk!

Trik Membuat Tidur bayi Lebih Berkualitas yaitu dengan pola tidur yang baik dan berkualitas dapat memacu pesatnya tumbuh kembang otak Si Kecil. Namun, terkadang kita menemui kesulitan ketika menidurkan anak. Bagaimana tips menghadapinya?

Ibu Juga Harus Rileks

Agar bayi bisa tidur nyenyak, ia harus memiliki suasana tubuh yang rileks dan nyaman. Tapi yang lebih terpenting sebenarnya adalah kondisi ibu yang menidurkan Si Kecil juga harus rileks. Karena itu, buatlah suasana hati dan tubuh yang nyaman, misalnya mandi agar segar atau ganti baju rumah yang nyaman sebelum menidurkan Si Buah Hati. “Hal pertama yang harus dipastikan adalah bahwa ibu harus merasa sesantai dan setenang mungkin. Kegelisahan ibu akan mempengaruhi Si Kecil dan membuat mereka sulit tidur,” jelas Vera.

Tentukan Jam Tidur Anak

Agar kebutuhan tidur Si Kecil terpenuhi, menurut Vera kita harus mengatur jam tidur anak. Tentukan jam tidur untuknya dan lakukanlah dengan teratur. Ia berkata, “Kita harus tentukan goal kapan dia harus tidur. Misalnya pukul siang pukul satu, dan malam pukul tujuh dia harus sudah terlelap. Atur agar waktu tidurnya kurang lebih 15 jam sehari.”

Ubah Atmosfer Kamar

Setelah kita menentukan jam tidur anak, kita harus patuh dan teratur menidurkan anak pada jam tersebut. Untuk membantu dan mudahkan kita menidurkan Si Kecil, ajaklah dia ke kamar lalu ubah atmosfernya. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, akan sangat membantu Si kecil untuk tertidur dengan mudah. “Misalnya, masih jam satu siang dan matahari masih terang. Masuklah ke kamar, matikan lampu, tutup gorden jendela sehingga atmosfer ruangan jadi berubah gelap seperti malam hari. Ini berguna untuk merilekskan mata anak. Kemudian, nyalakan kipas angin atau AC agar Si Kecil merasa nyaman. Pasanglah lagu yang menenangkan agar ia merasa nyaman dan mudah tertidur atau nyanyikanlah dia lagu-lagu pengantar tidur seperti nina bobok,” saran Vera.

Berikan Sesuatu untuk Dipeluk

Agar Si Kecil merasa lebih aman dan nyaman, berikanlah mereka sebuah objek untuk dipeluk atau dipegang saat tidur. Guling, bantal, selimut, hingga boneka adalah barang yang dapat kita berikan pada anak untuk teman tidurnya. “Dengan memegang dan memeluk objek-objek tersebut, anak akan merasa lebih aman ketika tidur. Ketika mereka merasa aman, mereka akan tertidur dengan tenang. Dijamin, kualitas tidurnyapun akan bertambah,” tutup Vera mengakhiri perbincangan dengan Fimela Family. Mudah kan tipsnya? Kita praktikkan di rumah yuk, Bunda!

sumber:    family.fimela.com

Artikel Kesehatan Terkait

CUKUR BAYI CUKUR BAYI SANGAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN Tradisi cukur bayi atau memotong rambut bayi ternyata dilakukan oleh berbagai budaya di dunia. Sebutlah...
4 Alasan Bayi Menolak ASI Perah Vitabumin - Kenapa Si Kecil Tak Mau Minum ASI Perah? ASI Perah - Cuti bersalin usai, saatnya Anda kembali bekerja! Tetapi tenang, Anda sudah pand...
Solusi Tangani Sariawan Anak Solusi Tangani Sariawan Anak - Sariawan adalah radang pada lapisan jaringan yang meliputi mulut. Hal ini bisa terjadi di gusi, lidah, bibir, dan dasa...
GANGGUAN KESEHATAN PADA ANAK Anak-anak Gangguan Kesehatan Yang Sering Terjadi Pada Anak-anak Gangguan kesehatan pada anak, penyakit yang sering menjadi serius atau parah dalam w...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *