CARA MEMBUAT ES CREAM SEHAT UNTUK SI KECIL

Share This
Vitabumin - Resep membuat es cream sehat anak

Vitabumin – Resep membuat es cream sehat anak

VITABUMIN – CARA MEMBUAT ES CREAM SEHAT UNTUK SI KECIL

Bu, apakah Si Kecil merupakan salah satu penggemar cemilan dingin kaya rasa ini? Rasanya yang nikmat memang membuat si Kecil ingin sering-sering menyantapnya.

Tapi, bagaimana dengan kandungan gizi dalam es krim yang dijual di pasaran? Apakah akan mencukupi kebutuhan nutrisi pada balita? Daripada terus menerus khawatir, kita coba untuk membuat es krim sendiri untuk si Kecil yuk, Bu!

A. SORBET ALPUKAT
Membuat alpukat menjadi es krim? Mengapa tidak? Buah yang satu ini punya banyak sekali manfaat. Selain rendah kolesterol, alpukat memiliki 8% serat, 4% potasium dan vitamin E serta 2% zat besi di setiap porsi penyajiannya. Gabungkan dengan jeruk lemon yang kaya akan vitamin E, tentunya es krim ini akan menjadi cemilan yang memperkaya asupan nutrisi pada balita Ibu.

BAHAN-BAHAN:
2 gelas alpukat yang sudah dihaluskan
½ gelas perasan lemon segar
1 sdt parutan kulit jeruk lemon
¾ gelas madu
½ sdm vanilla bubuk
Garam secukupnya
Cara Membuat

CARA:
Campurkan semua bahan dalam blender hingga halus merata.
Tuangkan campuran tersebut ke dalam gelas-gelas kaca berukuran kecil. Tutup dengan pembungkus plastik. Simpan ke dalam lemari pendingin (freezer) selama kurang lebih 2 jam. Setelahnya, keluarkan es krim siap santap ini dan sajikan untuk si Kecil.

TIPS:
Pastikan Ibu memilih alpukat yang matang sempurna. Selain kulitnya empuk ketika dipegang, Ibu juga bisa menusukkan tusuk gigi ke dalam alpukat. Jika tusuk gigi meluncur sempurna, tandanya alpukat sudah siap dikonsumsi.
Cuci bersih buah lemon terlebih dahulu sebelum diparut dan hindari memarut lapisan di bawah kulit lemon yang berwarna putih.

Ketika didinginkan, rasa pada es krim akan sedikit berkurang. Oleh karena itu, sejak awal perhitungkan rasa apa yang ingin Ibu tonjolkan. Apakah manis? Atau segarnya lemon? Lalu Ibu tinggal menambahkan takaran bahan-bahan tersebut.

B. ES KRIM PISANG JAHE TABUR MEISES

Pisang juga bisa jadi alternatif buah untuk dijadikan es krim. Selain menambah energi karena mengandung tiga jenis gula alami (sukrosa, fruktosa dan glukosa), pisang juga kaya akan vitamin B. Mengonsumsi pisang yang matang juga dapat mengatasi sembelit, bahkan meningkatkan kekuatan kerja otak si Kecil.

Sedangkan jahe, sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, serta menghalau flu dari si Kecil. Jangan takut si Kecil akan menolak diberikan es krim ini karena aroma tajamnya. Ibu bisa kok, menyelipkan jahe tanpa dapat dirasakan oleh lidah si Kecil. Begini caranya:

BAHAN-BAHAN:
1/3 gelas susu Frisian Flag Karya/Jelajah rasa vanilla yang sudah diseduh (dengan takaran kira-kira 2 sdm susu dan 80ml air hangat suam-suam kuku)
1 buah pisang matang yang sudah didinginkan dalam lemari pendingin.
3 buah kurma.
1 cup daging nanas matang yang sudah didinginkan dalam freezer.
1/2 sdt jahe tumbuk
1/8 sdt daging kelapa muda
2 sdm meises warna-warni
Cara Membuat

CARA:
Ambil pisang dan nanas, potong dadu masing-masing. Buang biji kurma, lalu cacah kasar dagingnya.Campurkan susu Frisian Flag Karya/Jelajah rasa vanilla, pisang, nanas, kurma, jahe tumbuk dan kelapa muda, blender hingga benar-benar lembut.Tuangkan adonan ke dalam wadah, masukkan ke dalam lemari pendingin (freezer) selama dua jam. Sajikan dengan taburan meises warna-warni di atasnya.

TIPS:
Biasakan untuk memilih pisang yang matang untuk dikonsumsi agar nutrisi pada balita terpenuhi dengan optimal. Pisang yang matang sempurna adalah yang memiliki bintik-bintik kecokelatan di kulitnya.
Nanas yang matang sempurna adalah yang daun buahnya mudah sekali dicabut.
Ingin menambah rasa manisnya? Ibu bisa menuangkan madu ketika disajikan, bersamaan dengan meises.
Es krim yang dibuat dari buah-buahan ini mudah sekali mencair. Karena itu, ajak si Kecil untuk segera menghabiskan es krimnya sebelum meleleh.
Selamat mencoba resep ini ya, Bu!

LIKE & SHARE Bila Bermanfaat….


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Mimisan disebabkan karena robeknya selaput lendir tipis pada bagian dalam hidung sehingga lubang hidung mengeluarka...
Anak Tersedak?! Jangan Panik, Lakukan Hal ini Anak Tersedak - Permen, buah, makanan kecil dan bahkan susu bisa membuat anak-anak tersedak. Kefatalan bisa terjadi akibat jalan napas yang tertutup...
5 TIPS SEDERHANA ANAK GEMUK SEHAT VITABUMIN TIPS - 5 TIPS SEDERHANA AGAR ANAK GEMUK SEHAT & KUAT vitabumin 5 tips anak gemuk sehat Agar anak tumbuh lebih sehat dan kuat, ada...
Cegah Kepikunan dengan mengkonsumsi Omega 3 Dan Vi... Cegah Kepikunan dengan mengkonsumsi Omega 3 Dan Vitamin E Cegah Kepikunan  dengan mengkonsumsi Omega 3 Dan Vitamin E.  siapa yang mau pikun di saa...

You may also like...

3 Responses

  1. selamat malam Mas, mkacih informasinya aku jadi banyak ilmu setelah membaca tulisan kamu yang di tulis di halaman website ini. salam kenal dari sutopo sasuke

  2. Terima kasih atas tips nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *