JANGAN REMEHKAN BATUK & PILEK ANAK KETAHUI BAHAYA KOMPLIKASINYA

Share This

VITABUMIN – JANGAN REMEHKAN BATUK & PILEK ANAK KETAHUI BAHAYA KOMPLIKASINYA

vitabumin bahaya pilek batuk

vitabumin bahaya pilek batuk

PERUBAHAN MUSIM seringkali membuat anak-anak mudah terserang batuk dan pilek. Jangan remehkan batuk pilek anak, karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatab pada anak. Batuk dan pilek merupakan gangguan kesehatan langganan pada anak-anak. Umumnya, batuk dan pilek dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Akan tetapi, batuk dan pilek yang berlangsung lama dan berulang bisa menimbulkan beberapa komplikasi Yang membahayakan.

KOMPLIKASI RADANG TELINGA
Batuk pilek yang berkelanjutan tanpa pengawasan dan tindakan yang tepat bisa mengakibatkan radang telinga tengah (otitis media).Saat anak mengalami infeksi pernapasan dalam waktu lama, infeksi ini bisa menyebar ke telinga tengah, menimbulkan infeksi dan membuat saluran Tuba Eustachius menyempit. Telinga jadi terasa penuh, berdenging, dan pendengaran berkurang. Kemudian infeksi berlanjut karena ada penumpukan cairan (biasanya berupa nanah) di rongga telinga tengah.

Jangan remehkan batuk pilek anak, bisa sebabkan radang telinga. Gejala infeksi ini ditandai anak mengalami demam tinggi, sangat rewel, terus menangis sambil memegang dan menepuk telinganya karena merasa sakit dan kurang jelas pendengarannya. Pada fase ini rasa sakit bisa sampai ke seluruh kepala karena cairan akan menekan gendang telinga ke arah luar. Jika tekanan sudah sedemikian besar, gendang telinga akan pecah lalu keluar cairan dari liang telinga.

Meski anak terlihat lebih tenang dan “lega” setelah keluarnya cairan, bagi orangtua ini adalah saatnya untuk waspada dan membawa anak ke dokter agar segera mendapat tindakan medis. Namun perlu diketahui, meski otitis media disebabkan oleh bakteri, hanya sedikit kasus yang membutuhkan antibiotik.

Jangan remehkan batuk pilek anak, bisa sebabkan radang telinga. Cara terbaik mencegah terjadinya infeksi telinga adalah menangani flu anak dengan baik dan benar. Penyebab flu adalah virus, yang bisa dilawan oleh daya tahan tubuh si penderita.

SEBABKAN PNEUMONIA

TEMPO.CO.ID – Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Yully Soenar Dewanti, meminta agar para orang tua tidak meremehkan penyakit Batuk & Pilek pada anak-anak.

Sebab, jika tidak segera ditangani dan diobati, penyakit ini bisa semakin parah menjadi pneumonia yang menyebabkan kematian. ISPA sering disalahartikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Yang benar, ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernapasan akut. ISPA meliputi saluran pernapasan bagian atas dan bagian bawah.

Menurut Yully, banyak kalangan orang tua menganggap enteng gejala flu disertai batuk pada anak-anak. Padahal, kuman dan virus dengan cepat berkembang di dalam saluran pernafasan yang akhirnya menyebabkan infeksi. Jika telah terjadi infeksi anak-anak di bawah usia lima tahun, maka anak akan mengalami kesulitan bernafas.

Jika napas anak sudah berbunyi di bagian dada yang disebabkan tertutup lendir, anak akan bernapas melalui cuping hidung yang merupakan indikasi anak sudah terkena pneumonia. “Bernapas semakin sulit karena lubang hidung sulit dibuka,” kata Yully. Pada fase seperti inilah, kata Yully, pneumonia menjadi mematikan.

Ia mengimbau agar para orang tua segera mengobati sedini mungkin ketika si anak mengalami gejala ISPA, seperti flu dan batuk ringan. Selama suhu badan anak belum panas, ia menyarankan obat yang digunakan pun tidak perlu yang berat-berat. Dengan memberikan asupan makanan bergizi disertai bahan tradisional seperti madu, sari jeruk nipis ditambah kecap bisa mengatasi penyakit tersebut.

Yang seringkali terjadi adalah orang tua menganggap remeh sakit anak sehingga asupan gizi, perbanyak air putih & istirahat si anak tidak terjadwal dengan baik. Hal inilah yang seringkali flu & batu anak tidak tertangani dengan baik sehingga muncul komplikasi ke resiko yang lebih serius.


REKOMENDASI

squavit

Artikel Kesehatan Terkait

OBAT HERBAL BATUK ANAK Obat Batuk Alami untuk Si Kecil Obat herbal batuk anak sekarang ini banyak sekali macam obat  yang beredar bebas di pasaraan. Namun tidak semua oba...

You may also like...

1 Response

  1. August 31, 2015

    […] anda kurang menyukai jahe, anda bisa beralih ke jeruk nipis sebagai obat batuk berdahak alami anda. Jeruk nipis lebih menyegarkan dan memberikan rasa yang lebih menyenangkan pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *