Tips Menghilangkan Sakit Kepala

Share This

vitabumin

Cara Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu keluhan fisik paling utama manusia. Sakit kepala pada kenyataannya adalah gejala bukan penyakit tetapi dapat menunjukkan gejala penyakit organik (gangguan syaraf atau penyakit lain) respon stress, pelebaran pembuluh darah (migrain), regangan otot rangka (sakit kepala tegang) atau kombinasi respon tersebut.

Sakit kepala secara medis dikenal sebagai chephalgia atau dilafalkan sefalgia adalah suatu kondisi dimana terdapatnya rasa sakit yang ada didalam kepala, kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering disampaikan. Problem yang paling sering mengikuti sakit kepala ini adalah terganggunya konsentrasi.

Sebagian besar sakit kepala merupakan ketegangan otot, seperti migraine atau nyeri kepala tanpa penyebab yang jelas. Sakit kepala juga dapat berhubungan dengan kelainan di mata, hidung, tenggorokan, gigi, dan telinga. Pada penderita tekanan darah tinggi bisa menyebabkan perasaan berdenyut di kepala, tetapi tekanan darah tinggi jarang menyebabkan sakit kepala menahun. Sakit kepala akibat stroke bias dating tiba- tiba atau disertai gejala sakit yang dari jarang menjadi lebih sering.

Cara untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat bebas. Namun dalam memilih obat bebas, perhatikanlah baik-baik komposisinya. Jika Anda memiliki masalah pada gangguan perut, sebaiknya hindari obat-obat yang mengandung asetosal, ibuprofenm, dan asam mefenamat, lebih baik memilih acetaminophen atau paracetamol.

Dan kalau Anda cenderung lebih sering mengalami sakit kepala yang disertai dengan rasa mual, sebaiknya Anda minum obat anti mual terlebih dahulu untuk menghilangkan sakit kepala dan mual. Setelah mereda akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengobatan pada sakit kepala Anda. Untuk keamanan pengobatan sebaiknya beberapa hal harus dilakukan.

Pusing pada kepala sering disebabkan karena banyak hal. Jika pusing pada kepala terjadi dengan frekuensi yang sering, maka jangan sepelekan. Aktifitas Anda pasti akan terganggu akibat rasa pusing tersebut. Pusing terbagi menjadi dua jenis, yang pertama ditandai dengan kondisi dimana penderita mengalami suatu keadaan dengan semua objek yang pada depan matanya bergerak atau berputar-putar. Sedangkan jenis pusing yang kedua ditandai dengan penderita seperti sedang berjalan di atas awan, dan tubuhnya terasa sangat ringan serta tidak bisa mengontrol seperti orang mabuk.

Sedangkan penyebab dari terjadinya pusing dibagi menjadi dua yakni disebabkan karena adanya suatu kelainan yang terjadi pada otak, dan yang kedua disebabkan karena di dalam telinga Anda. Gejala yang ditandai dari pusing biasanya penderita akan merasakan rasa sakit di bagian kepala dengan rasa yang hebat, bahkan untuk beberapa orang sakit kepala atau pusing bisa sampai menyebabkan mual dan juga muntah. Selain itu, bias menyebabkan anggota tubuh menjadi gemetar seperti tangan atau kaki, bahkan bias menyebabkan hilangnya kesadaran.

Menghilangkan pusing kepala bisa dilakukan dengan cara yang alami. Cara yang paling umum dan murah serta sederhana dilakukan adalah dengan memejamkan kedua mata dan kemudian Anda memfokuskan pikiran Anda pada satu titik. Titik tersebut haruslah titik yang tenang dan menyenangkan sehingga mengusir rasa sakit di kepala Anda.

Selain itu, menghilangkan pusing yang lainnya adalah dengan minum air putih. Karena salah satu penyebab terjadinya pusing pada kepala disebabkan oleh dehidrasi atau kurang minum air putih. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari untuk membantu melancarkan proses peredaran darah.

Mengkonsumsi sup hangat dan minuman yang hangat juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir dan menghilangkan pusing di kepala Anda. Salah satu minuman yang bisa membantu mengurangi dan meredakan rasa sakit kepala adalah teh hitam, yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala.

Artikel Kesehatan Terkait

Cegah Vertigo dengan Pernafasan Vertigo sangat menyiksa Anda merasa pusing. Anda merasa mual. Anda merasa kepala Anda berputar. Atau, apakah Anda merasa sekitar Anda berputar, sement...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *