Warna Kuku Tunjukkan Kesehatan Anda

Share This

Kuku merupakan bagian dari tubuh yang sering diabaia. Tapi tahukah Anda jika keadaan kukudapat menunjukkan tanda kesehatan Anda ?

Warna , bentuk, dan tekstur kuku memiliki arti tersendiri yang menandakan sehat atau tidaknya seseorang. Mari simak penjelasannya !

  • Warna Kuku Pucat

Warna kuku pucat mengindikasikan seseorang dari penuaan tetapi juga menjadi tandadari beberapa penyakit seperti kurang darah (anemia), kurang gizi, penyakit gagaljantung, penyakit hati.

  • Warna Kuku Putih

Warna putih pada kuku dengan pinggiran yang berwarna agak gelap menandakan masalah hati seperti hepatitis.

  • Warna Kuku Kuning

Hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada sistem limfatik, gangguan pernapasan, diabetes dan hati. Warna kuning di kuku juga mungkin akibat dari kondisi pernapasan seperti bronchitis kronis, atau dari pembengkakan tangan (lymphedema).

BACA JUGA :  BAHAYA ! Stop kebiasaan menaruh dompet di saku belakang !

Pada sindrom kuku kuning, kuku menebal dan pertumbuhan kuku baru yang lambat mengakibatkan perubahan warna. Kuku yang terpengaruh dengan kondisi ini mungkin kurangnya kutikula, dan bisa lepas dari tempat kuku.

  • Bintik-bintik putih pada kuku

Dalam kebanyakan kasus, perubahan ini adalah karena kekurangan seng atau luka pada kuku. Namun bisa juga merupakan indikasi masalah internal tertentu seperti arthritis, atau tanda dari keracunan. Meskipun telah dikatakan bahwa garis putih bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius, adanya ini lebih mungkin akibat dari kekurangan zat besi atau zinc.

  • Daerah di bawah kuku berwarna putih

Ketika daerah berwarna putih terlihat di bawah kuku (biasanya di ujung kuku), biasanya menunjukkan infeksi jamur dan harus ditangani secara medis. Jika separoh kuku berwarna putih atau dengan bintik-bintik gelap, terutama pada ujung, mungkin menunjukkan penyakit ginjal.

  • Kuku dengan warna biru

Hal ini mungkin menunjukkan adanya obstruksi paru, emfisema, atau penyakit paru-paru. Kuku yang berubah menjadi biru mungkin juga merupakan jenis sianosis yang disebabkan oleh kurangnya sirkulasi oksigen dalam sel darah merah. Hal ini juga bisa menjadi cerminan dari tingkat bentuk abnormal dari hemoglobin yang parah. Jika warnanya kembali normal setelah pemanasan dan  pijat, penyebabnya adalah karena bagian tubuh kita tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup karena dingin, penyempitan  jaringan/pembuluh darah, atau alasan lain. Jika kuku masih tetap biru,  mungkin ada penyakit yang mendasari atau kelainan struktural yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memasok darah merah mengandung oksigen ke bagian tubuh.

  • Kuku berwarna hitam

Kuku hitam bisa menunjukkan tanda-tanda anemia, kekurangan vitamin B12,  infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah kelenjar adrenal, penyakit hati, kanker atau melanoma, deposito perak (logam berat), dan trauma.

  • Kuku berwarna ungu

Mungkin adanya kekurangan oksigen, masalah pada peredaran darah, serta masalah bawaan.

  • Kuku berwarna merah

Kemungkinan menunjukkan adanya perdarahan otak, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit paru-paru, stroke, hingga keracunan karbon monoksida.

  • Samping kuku bergaris hitam

Hal ini mungkin menunjukkan tanda penyakit ginjal.

  • Kuku bergaris merah atau coklat

Garis berwarna pada kuku ini dikarenakan adanya perdarahan dibawah kuku, dan bisa disebabkan oleh endokarditis (radang selaput jantung), atau trichinosis (infeksi parasit dari daging babi matang). Garis yang berwarna biru tua di kuku bisa menjadi tanda kanker kulit. Garis-garis hitam kecil mungkin bisa menunjukkan adanya masalah pada jantung, dan garis-garis hitam tipis seringkali merupakan tanda penyakit jantung.

  • Bintik-bintik cokelat di bawah kuku

Bintik-bintik cokelat di kuku bisa menunjukkan gangguan kulit dan sendi disebut dengan psoriasis. Warna titik coklat kemerahan bisa menunjukkan kejadian kekurangan vitamin C,  asam folat, atau protein.

Tips Jaga Kesehatan Kuku

Salah satu hal penting agar kuku dapat tumbuh baik adalah menjaganya tetap lembap. Melembapkan kuku dua kali sehari, setelah mandi dan sebelum tidur, bisa membantu mengurangi kerusakan kuku. Tidak menyarankan Anda menggunakan pembersih kuku yang mengandung aseton karena berisiko membuat kuku rapuh.

Selain itu, pastikan Anda mengenakan sepatu yang tepat, yakni tidak mengganggu kuku jari. Anda bisa menggunakan kaus kaki untuk menjaga kaki dan kuku tetap bersih.  Anda sebaiknya tidak menggigit kutikula-kulit berwarna putih yang mengeras di pinggiran kuku, karena kutikula lah yang melindungi kuku dari infeksi. Menggigiti kutikula hanya akan membuat Anda rentan terkena infeksi. Demikian seperti dilansir Times of India.

Artikel Kesehatan Terkait

Cara Alami Untuk Mengurangi Kolesterol Kolesterol adalah salah satu zat dalam tubuh yang dapat memproduksi sendiri. Sayangnya, makan makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak jenu...
Vitamin Untuk kesehatan Jantung vitamin e untuk kesehatan jantung vitamin adalah makanan wajib buat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita semua tahu, vitamin sangat pentin...
Malas Gosok Gigi Bahayakan Jantung Malas Gosok Gigi Bahayakan Jantung. MENJAGA kesehatan jantung hanya dengan olahraga dan diet sehat. Anda dapat memaksimalkan kesehatan jantung dengan ...
Manfaat Ganda Detoks Tubuh dengan “Infused W... Manfaat Ganda Detoks Tubuh dengan Infused Water Tren gaya hidup sehat yang merebak semenjak kehadiran berbagai sentral kebugaran di dalam mal terus ...

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *